Langkah Langkah & Tips Budidaya Tanaman Hias

Budidaya Tanaman Hias - Bagi ibu rumah tangga atau siapa yang tertarik untuk melakukan budidaya tanaman hias. Baik itu hanya sekedar untuk mempercantik halaman rumah atau dalam skala bisnis. Kami  akan membantu Anda untuk mepelajari tahapan budidaya tanaman hias.

Langkah Langkah & Tips Budidaya Tanaman Hias

Mari untuk mencermati tahap demi tahap budidaya tanaman hias berikut:

1. Pemilihan Lahan
Budidaya untuk tanaman hias ini bisa dilakukan di dalam polybag atau dalam hamparan lahan. Persiapan lahan/media tanam dilakukan untuk menyediakan media tumbuh yang sesuai dengan setiap tanaman supaya bisa tumbuh dengan baik. Kondisi tanah yang gembur sangat dibutuhkan untuk budidaya tanaman.

2. Pemilihan Benih/bibit merupakan salah satu Cara Budidaya Tanaman hias Yang Baik
Persiapan benih/bibit adalah hal yang penting untuk budidaya tanaman hias. Perbanyakan bahan tanaman hias yang dapat dilakukan melalui perbanyakan seksual dengan menggunakan biji atau bibit unggul sesudah bibit unggul di dapat kemudian dilakukan persemaian. Persemaian benih bisa dilakukan di bak plastik, tray, atau polybag. Media semai yang digunakan ialah tanah yang dicampur dengan menggunakan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1 atau dua bagian tanah dan bagian pupuk kandang. Selama persemaian, media semai dijaga kelembabannya dengan melakukan penyiraman. Contoh : tanaman hias yang diperbanyak dengan benih ialah Anthurium dan Adenium.

3. Cara penanaman
Penanaman ini dilakukan bila lahan tanah sudah gembur. Jika terlalu kering, lahan bisa disiram terlebih dahulu. Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari. bila diperbanyak dengan benih, benih bisa ditanam langsung atau disemai terlebih dahulu sehingga tumbuh menjadi bibit siap tanam. Bibit ditanam dalam lubang tanam dengan ukuran yang sesuai untuk setiap jenis tanaman hias.

4. Pemupukan
Pemupukan adalah penambahan unsur hara guna mencukupi kebutuhan tanaman. Pupuk bisa diberikan ke media atau disemprot langsung ke tanaman. Jenis pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk organik atau anorganik.

5. Perlindungan dan pemeliharaan tanaman
Perlindungan dari hama bisa dilakukan dengan menggunakan pestisida atau secara manual dengan cara mencabut atau membuang tanaman yang terserang dan mengambil hama pengganggu tanaman. Saat ini sudah banyak tersedia pestisida alami. Sedangkan untuk pemeliharaan tanaman dapat berupa Penyulaman, Penyiraman, Pembumbunan, Penyiangan.

Demikian sedikit Informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Budidaya Tanaman Hias, semoga bermanfaat.
Langkah Langkah & Tips Budidaya Tanaman Hias | Mbak Dewi | 5