Meraih Keberuntungan Dengan Mencoba Budidaya Ikan Patin

Menjadi orang sukses merupakan idaman bagi setiap orang termasuk berbagai macam kalangan seperti orang tua, mahasiswa, remaja pun ingin menjadi orang sukses. Untuk itulah anda sepantasnya melakukan hal seperti berbisnis agar dapat sukses di usia muda. Misalnya dengan mencoba budidaya ikan patin. Ikan patin ini merupakan ikan yang kurang lebih bentuk fisiknya sama dengan lele, maka dari itu biasanya orang awam yang tidak mengetahui mengenai ikan akan lebih sulit membedakan antara ikan lele dan ikan patin. Ikan patin ini tidak mempunyai sisik dan juga memiliki semacam duri yang tajam di bagian siripnya dan masih tergolong kedalam catfish, sama halnya seperti ikan lele.

Nama ikan patin sendiri berbeda-beda di beberapa daerah, ada yang menyebutnya ikan jambal, ikan lancang, ikan juara, dan yang lainnya bahkan ada yang menyebutnya ikan lele bangkok karena memang bentuknya yang seperti lele namun ukurannya yang besar serta dagingnya pun cukup banyak.

Meraih Keberuntungan Dengan Mencoba Budidaya Ikan Patin
Budidaya Ikan Patin
Budidaya ikan patin ini juga bermanfaat karena ikan patin memiliki banyak sekali kandungan gizi. Kandungan gizi tersebutlah yang akan sangan bermanfaat bagi kesehatan tubuh orang yang mengkonsumsinya, seperti diantaranya lemak tak jenuh yang berada di dalam daging ikan patin dapat mencegah penyakit kardiovaskular, yakni semacam peyakit yang menyerang sistem kardiovaskular seperti jantung dan juga pembuluh darah. Lemak tak jenuh ini juga memiliki manfaat sebagai penurun kolesterol, pencegah jantung koroner, dan yang lainnya. Di dalam ikan patin juga mengandung DHA dan juga omega 3 yang bermanfaat untuk menjaga janin agar tetap sehat, menjaganya selama di kandungan dan agar pertumbuhan janin tetap normal. Omega 3 juga dapat merangsang pertumbuhan otak pada anak yang akan memudahkan si anak mengingat segala sesuatu yang baru terutama anak-anak di masa pertumbuhan mereka. Dan dengan kandungan protein yang terdapat di dalamnya, ikan patin dapat membentu dalam pembentukan massa otot agar selalu sehat dan kuat.

Ikan patin juga mempunyai banyak kelebihan antara lain dagingnya lebut dan juga gurih, hal inilah yang kemudian menjadikan ikan patin ini merupakan ikan yang paling favorit bagi orang Indonesia. Ikan patin ini juga mudah ditemuai dimana-mana, dari pasar yang tradisional hingga pasar yang modern ini banyak menyediakan ikan patin. Dan jika anda membeli ikan patin maka hampir seluruh bagian dari ikan patin itu bisa diolah sampai ke durinya.

Adapun cara budidaya ikan patin itu sendiri juga hampir sama dengan kebanyakan ikan yang lainnya, hal yang harus diperhatikan adalah mengenai kolam ikan tersendiri. Pertama persiapkan lahan kosong yang nantinya akan dialih fungsikan sebagai kolam ikan. Jika bisa tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan ikan patin ini adalah jenis tanah liat atau tanah lempung yang tidak berporos dan juga tanah ini dapat menahan massa air yang besar serta dapat dibuat pematang/dinding kolam karena tidak mudah bocor. Kemiringan tanah dalam pembuatan kolam ini juga patut untuk diperhatikan karena umunya kemiringan yang baik berkisar antara 3-5% untuk kemudahan pengairan kolam.

Jika mungkin anda memutuskan untuk menggunakan jaring apung dalam pengembangbiakkan maka hendaknya berada di lokai sungai yang berarus lambat. Airnya harus bersih, tidak keruh dan bebas dari bahan-bahan kimia beracun dan juga usahakan pencegahan timbulnya jamur. Untuk bagian penetasan telur sendiri yang harus diperhatikan adalah suhunya yaitu antara 26-28 derajat.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk budidaya ikan patin ini, asalkan kita tekun dan rajin berusaha makan kita akan mendapatkan hasilnya di kemudian hari. Seorang pebisnis harus berani untuk mengambil resiko. Walaupun sangat berat tantangan namun apabila berhasil melewati tantangan terbesar sekalipun, maka tantangan lain akan terlewati dengan mudah.
Meraih Keberuntungan Dengan Mencoba Budidaya Ikan Patin | rafif raditya | 5