Tips & Cara Budidaya Ikan Koi Kolam Terpal yang Benar

Ingin berbudidaya ikan namun berada dilingkungan yang kurang air? Sekarang hal tersebut sudah tidak perlu dipermasahkan, karena setelah membaca artikel kami ini, anda akan segera mendapatkan solusi untuk mengatasi budidaya ikan. Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara untuk budidaya ikan koi. Bagi anda yang memiliki keinginan untuk membudidayakan ikan jenis ini, wajib untuk membaca artikel ini.

Sebelum kita membahas tentang tips-tips budidaya ikan koi dengan benar, pasti anda merasa penasaran mengapa harus menggunakan terpal. Terpal menjadi pilihan karena jika menggunakan kolam tanah pada lingkungan kering, air akan meresap dan terus menerus akan berkurang. Oleh sebab itu, menggunakan kolam terpal merupakan pilihan yang tepat.

Budidaya Ikan koi
Budidaya Ikan koi
Untuk tips budidaya ikan koi yang pertama, buatlah kolam yang memiliki ukuran sesuai dengan jumlah ikan di dalamnya. Namun umumnya, kolam terpal memiliki ukuran 4m x 5m x 1m. 4 m untuk lebarnya, 5m untuk panjangnya dan 1m untuk kedalamannya. Pilihlah terpal yang memiliki bahan halus. Setelah pembuatan kolam terpal sudah selesai, maka anda harus memilih benih ikan koi yang memiliki kualitas bagus. Tidak lupa juga, anda harus memasang beberapa alat seperti filter agar keadaan air pada kolam terpal tersebut selalu bersih. Keadaan air yang bersih ini tentu akan menentukan tingkat kesegaran ikan koi yang anda ternak. Kemudian untuk tips yang selanjutnya, anda harus bisa menjaga kestabilan dari suhu kolam.

Menjaga kestabilan suhu kolam, anda harus menyiram alas sekam sebelum terpal dipasang. Penyiraman ini akan membuat sekam menjadi mudah busuk. Jika sekam sudah membusuk dan menghasilkan panas, dari situ lah suhu air didalam kolam menjadi stabil.

Tips yang kedua, jangan sampai kolam terpal berbau tanah, karena memang sudah seharusnya ikan yang dibudidayakan pada kolam terpal tidak berbau tanah. Ikan yang tidak berbau tanah, akan lebih disukai oleh banyak konsumen.

Itulah beberapa tips mudah melakukan budidaya ikan koi. Karena kemudahan inilah yang menyebabkan banyak orang memulai ternak ikan koi dengan kolam terpal. Selain mudah dilakukan, keuntungannya pun telah terbukti sangat menggiurkan. Tidakkah anda ingin mencobanya?
Tips & Cara Budidaya Ikan Koi Kolam Terpal yang Benar | rafif raditya | 5