Tips Budidaya Ternak Ikan Lele Dumbo secara Benar

Budidaya ikan lele dumbo memiliki cara-cara khusus agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Cara ternak ikan yang benar haruslah memperhatikan berbagai faktor seperti benih, kolam serta pakan. Begitu juga pemeliharaan lele dumbo yang dikenal pertumbuhannya sangat cepat serta ukuran lebih besar dibandingkan dengan lele lokal. Budidaya ikan lele dumbo di kolam organik lebih disarankan karena merupakan habitat asli ikan lele tersebut.

Peluang usaha ternak ikan lele dumbo ini masih terbuka lebar dikarenakan konsumsi masyarakat yang masih tinggi. Pecel lele adalah salah satunya menu makanan khas indonesia yang berbahan dasar ikan lele.

Tips Ternak : Budidaya Ikan Lele Dumbo
Tips Ternak  Budidaya Ikan Lele Dumbo
Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) berasal dari benua afrika dan pertama datang ke indonesia pada tahun 1984. Ikan air tawar ini mudah dikenal dengan ciri-ciri tubuh licin, tidak bersisik, bentuk pipih memanjang serta memiliki kumis.


Apa Saja Kelebihan Yang Dimiliki Ikan Lele Dumbo?
  • Budidaya mudah dan proses pertumbuhan cepat
  • Kemampuan adaptasi lingkungan yang baik
  • Rasanya enak serta kandungan gizi yang cukup tinggi
  • Harga terjangkau sehingga mudah diterima masyarakat

Lele dumbo termasuk ikan pemakan daging (karnivora), namun pada usia benih lebih bersifat omnivora. Untuk pemijahan, induk ikan sebaiknya berumur 2 tahun atau lebih dan dapat dikawinkan sepanjang tahun.
  • Ciri induk betina : tubuh lebih pendek, mempunyai dua buah lubang kelamin dengan bentuk bulat.
  • Ciri induk jantan : tubuh lebih panjang, hanya memiliki satu buah lubang kelamin yang bentuknya memanjang.

Bagaimana Cara Usaha Budidaya Ikan Lele Dumbo?
  1. Pembuatan kolam ikan
    Kolam pemeliharaan dibuat dengan ukuran 7 x 5 meter dan kedalaman 1 meter. Setelah kolam tanah dibuat, keringkan selama 3 hari kemudian pada hari ke 4 taburkan kapur 100 gram per meter persegi, pupuk kandang 700 gram per meter persegi. Biarkan selama 3 hari tanpa air.
  2. Penebaran benih ikan
    Benih ikan lele ditebar pada pagi hari dengan jumlah 400 ekor per meter persegi untuk bibit umur 1 bulan (ukuran 5 – 110 cm)
  3. Pemberian makanan tambahan
    Benih lele yang sudah ditempatkan di kolam akan mendapat makanan alami yaitu hytoplankton dan zooplankton. Anda bisa memberi makanan tambahan berupa kotoran ayam, bangkai unggas yang dibakar atau sisa-sisa makanan di dapur yang dibuat adonan dan disebarkan ke kolam. Atau bisa juga tepung pelet sebanyak 0,75 gram per 1000 ekor bibit.
  4. Masalah penyakit lele dumbo
    Penyakit yang sering menyerang ikan lele dumbo adalah Ichthyopthirius multifiliis atau bintik putih. Pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan persiapan kolam budidaya yang baik, terutama pengeringan dan pengapuran.
    Cara mengobati penyakit bisa dilakukan dengan menebarkan garam dapur sebanyak 200 gram per meter kubik setiap 10 hari berturut-turut.
  5. Waktu panen ikan lele
    Lele dumbo dapat dipanen pada umur 3 bulan terhitung sejak waktu penebaran benih ikan. Pertumbuhan badan berubah dari 10 gram menjadi 200 – 300 gram.

Budidaya ikan lele di kolam air tawar dapat menjadi usaha bisnis sampingan dengan modal usaha kecil. Anda harus memperhatikan faktor pendukung keberhasilan usaha ternak lele mulai dari benih, kolam dan makanan ikan.
Tips Budidaya Ternak Ikan Lele Dumbo secara Benar | rafif raditya | 5