Cara Mudah Beternak Burung Kenari buat Pemula

Budidaya ternak kenari – Walupun burung kenari ini termasuk spesies burung yang mudah untuk dikembangkan, akan tetapi ternyata ada beberapa orang yang masih kesulitan dan belum mengetahui cara ternak burung kenari yang benar dan baik. Sebab banyak faktor yang perlu diketahui sebelum anda memulai untuk membudidayakan burung kenari.

Cara Mudah Beternak Burung Kenari buat Pemula

Dan sebelum anda memluai budidaya ternak kenari, alangkah lebih baik bila memperhatikan faktor-faktor berikut ini yang diantaranya ialah :

Usia burung kenari
Usia burung kenari ini menjadi salah satu faktor yang penting untuk memulai budidaya burung kenari. Pada dasarnya indukan burung kenari yang siap di kawinkan untuk kenari jantan ialah yang berumur 8 bulan sedangkan untuk indukan burung kenari yang betina kira-kira berumur 6 bulan.

Jenis kelamin burung kenari
Dalam berternak burung kenari kemampuan yang harus anda miliki ialah mampu mengenali jenis kelamin burung kenali.

Sangkar burung kenari
Alangkah lebih baik bila sangkar burung kenari ini menempel padsa dinding hal ini bertujuan supaya sangkar ini tidak goyang-goyang. Selanjutnya tempatkanlah sangkar di tempat yang teduh serta jauh dari keramaian supaya pada saat kenari ini mengerami telurnya tidak merasa terganggu. Selain itu, tempatkanlah sangkar di daerah yang aman dari gangguan semut maupun serangga.

Proses perjodohan kenari
Proses perjodohan kenari memang terbilang agak rumit dan sulit sebab tidak semua kenari yang dijodohkan akan berhasil. Bila anda merawat anak kenari dari kecil dan memiliki jenis kelamin yang berbeda mungkin anakan kenari ini akan sangat mudah untuk di jodohkan.

Namun bila anda membeli burung kenari eceran dan membeli lagi burung kenari betina di pasar pastinya burung kenari ini tidak akan langsung berjodoh jadi anda harus menjodohkan terlebih dahulu dengan cara seperti berikut :
  • Tempatkan pasangan kenari ini di sangkar yang berbeda, biarkan proses perjodohan ini berlangsung beberapa hari.
  • Selanjutnya pada waktu saat sore hari biasanya burung kenari jantan dan betina ini tidur saling berdekatan.

Cara budidaya ternak kenari selanjutnya ialah dengan cara menaruh sarang. Jika burung kenari betina ini sudah mulai menyusun dan merapikan sarang berarti sang kenari betina ini sudah siap untuk bertelur.
Show Comments