. Budidaya Ternak Hamster

Budidaya Ternak Hamster – Siapa sih yang tak akan tergoda dengan keimutan dan kelucuan tingkah dari binatang yang dikenal dengan sebutan Hamster ini. Karena keimutan dan kelucuan yang dimiliki oleh Hamster inilah nampaknya binatang bertubuh mungil ini memiliki banyak penggemar, sehingga dengan membuka usaha ternak Hamster nampaknya bisa dijadikan sebagai salah satu sumber ekonomi yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi harga 1 ekor Hamster ini juga terbilang bisa menguras kantong meskipun tubuhnya begitu mungil.

 Budidaya Ternak Hamster

Bagi anda yang berkeinginan untuk membuka usaha dengan ternak Hamster maka satu hal yang perlu diperhatikan pada tahapan awalnya adalah pemilihan corak Hamster terlebih dahulu. Pastikan untuk memilih Hamster dengan corak yang bagus. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah jenis Hamster campbel. Selain harganya merupakan yang paling murah, perawatan yang diperlukan oleh Hamster jenis ini masih terbilang mudah, sehingga akan sangat pas bagi anda yang masih pemula.

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan dalam ternak Hamster adalah pembuatan kandang. Anda bisa membuatnya sendiri dari box es kim atau benda-benda yang lain yang sekiranya dapat dijadikan kandang Hamster.
Untuk alas kandangnya, gunakan serbuk kayu  atau pasir. Karena Hamster adalah hewan yang suka kebersihan, maka bersihkan kandang setidaknya seminggu sekali, termasuk juga pergantian alasnya. Sementara itu, untuk asupan makanan yang nantinya akan diberikan pada Hamster, anda bisa membelinya di toko-toko yang khusus jual makanan hewan piaraan. Selain itu juga, anda juga bisa memberinya makanan lain seperti kwaci, jagung, tauge dan jenis biji-bijian lainnya.

Untuk masalah perjodohan Hamster nampaknya  terbilang cukup mudah karena Hamster merupakan salah satu hewan yang menganut paham poligami. Sehingga satu Hamster jantan dapat menikahi banyak Hamster betina. Meski begitu, untuk menghindari perkelahian antara Hamster betina, maka ada baiknya untuk memisahkan induk betinanya.terlebih lagi, jika salah satu induk betina ada yang hamil, maka tentunya ia harus benar-benar dipisahkan dengan induk betina yang lainnya. Ketika indukan melahirkan, jangan lupa juga untuk segera memisahkannya dengan sang induk karena bisa jadi sang anak akan dimakan induk karena kelaparan.
. Budidaya Ternak Hamster | Mbak Dewi | 5