Budidaya Ternak Kelinci

Budidaya Ternak Kelinci - Beternak kelinci merupakan salah satu usaha yang menguntungkan, disamping kelinci merupakan binatang peliharaan yang sangat populer di indonesia, kelinci ini ternyata juga menjadi salah satu binatang yang dapat dikonsumsi. Beternak kelinci dengan cara memelihara kelinci kurang lebih hampir sama, adapun yang menjadi pembeda ialah volume maupun jumlahnya. Bila memelihara kelinci hanyalah  memerlukan sedikit tempat, pakan, serta obat-obatan namun untuk budidaya kelinci kita membutuhkan alat tambahan obat yang jauh lebih banyak dan pakan yang cukup untuk seluruh kelinci.

Budidaya Ternak Kelinci

Memang sebelum memulai ternak kelinci pastinya kita harus mengetahui pengetahuan dasar seputar kelinci, caranya dapat dengan mencoba memelihara beberapa kelinci selama beberapa bulan maupun dapat didampingi ahli dengan membeli buku panduan untuk memelihara kelinci. Hal ini sangat penting sekali, karena tanpa pengetahuan dasar bagaimana mungkin kita dapat memelihara kelinci. Sebab waktu dan tenaga kita akan habis bila belum memahami cara pemeliharaan kelinci. Terebih kelinci yang dipelihara ialah kelinci hias. Selanjutnya Tempat yang terbuka dan terlindung dari hujan dan panas. Adapun tempat terbuka disini ialah berguna supaya bau dari kotoran serta makanan sisa kelinci tidak menyebar dan mengganggu lingkungan yang ada di sekitarnya. Dan bila memungkinkan supaya kandang terjemur di pagi hari dan juga tetap terlindung dari panas yang berlebih waktu siang hari.

Selanjutnya pakan yang cukup untuk seluruh kelinci. Dan untuk memulai beternak kelinci ini yang perlu diperhatikan ialah kecukupan serta kesehatan makanannya, sebab makanan ini merupakan sesuatu yang riskan untuk makhluk hidup. Adapun untuk pemilihan pakan buatan kelinci ini juga harus diperhatikan serta tidak boleh hanya diberi makanan buatan, akan tetapi diseling dengan dan maupun hijau hijauan, utama untuk kelinci hamil dan yang akan melahirkan.

Memang tidak bisa dipungkiri lagi yang namanya makhluk hidup ini juga akan jatuh sakit, dan untuk mengantisipasinya kita juga harus mempersiapkan semua obat-obatan, utamanya untuk penyakit yang kerap menyerang kelinci. Adapun tindakan untuk kelinci yang sakit ini alangkah lebih baik segera di pisahkan dan diisolasi supaya tidak menyebar pada kelinci yang lain. Demikian artikel terkait ternak kelinci, semoga dapat bermanfaat.
Budidaya Ternak Kelinci | Mbak Dewi | 5