Cara Budidaya Ternak Perkutut

Cara Budidaya Ternak Perkutut – Burung perkutut yang merupakan salah satu jenis burung yang memiliki suara yang bagus nampaknya memang menjadi salah satu alasan mengapa jenis burung yang satu ini memiliki banyak  penggemar dan memiliki harga yang jual yang cukup tinggi lantaran harganya yang memang mahal. Sehingga membuka usaha ternak perkutut merupakan salah satu pilihan yang cukup bagus untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Cara Budidaya Ternak Perkutut

Hal pertama yang harus dilakukan dalam beternak perkutut adalah pemilihan bibitnya. Bibit perkutut yang bagus adalah indukan yang berumur 4 bulan agar nantinya dapat dengan mudah untuk dijodohkan. Pilih juga indukan yang lebih tua dengan indukan jantan serta memiliki suara yang bagus baik itu suara depan, tengah dan juga belakangnya serta memiliki irama ketukan yang baik. Tak hanya itu saja, burung perkutut yang baik juga memiliki bentuk yang bagus serta memiliki silsilah yang baik pula. Selanjutnya, persiapan yang harus dilakukan adalah pengadaan kandang. Buatlah kandang yang berbahan dari kawat dengan ukuran yang pas. Untuk lantainya, gunakan pasir atau tanah biasa dengan penutup dari bahan genting atau asbes. Posisikan kandang dengan menghadap sinar matahari khususnya pada pagi hari.

Selanjutnya untuk usaha ternak perkutut yang selanjutnya adalah proses perjodohan. Pada masa perjodohan, berikan kandang khusus untuk perkutut yang nantinya akan dijodohkan. Waktu yang tepat untuk melakukan perjodohan adalah pada waktu sore hari. Selanjutnya, dalam proses pemeliharaan ternak perkutut maka satu hal yang perlu juga diperhatikan adalah pada tahapan pemberian pakan, pemisahan antara indukan dengan anakan, serta kebersihan kandang. Ketiga hal ini penting untuk dilakukan  karena ketiga hal tersebut merupakan beberapa hal yang seringkali diabaikan  oleh para peternak sehingga membuat usaha mereka menjadi gagal. Selain itu, untuk mendapatkan hasil suara perkutut menjadi bagus, maka berikan makanan dengan nutrisi yang cukup serta tambahkan juga beberapa vitamin lainnya sebagai salah satu suplemen untuk memperindah suaranya seperti vitamib b kompleks, kalsium dan lain sebagainya.
Show Comments