Cara Mudah Ternak Ayam Potong

Cara Mudah Ternak Ayam Potong - atau yang sering disebut dengan ayam broiler telah dikenal pada seluruh tanah air. Permintaan dari protein hewani telah semakin meningkat dari hari ke hari, tapi terkadang harga produk peternakan ini dapat semakin mahal sebab tidak selalu diimbangi dengan produksi yang cukup. Anda perlu memperhatikan harga jelang lebaran, biasanya harga akan naik cukup tinggi sampai Rp. 40.000/ kg, padahal biaya produksinya sekitar Rp. 10 – 15 ribu / Kg. Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk memulai budidaya ayam potong:

Cara Mudah Ternak Ayam Potong

Dalam mendirikan kandang untuk Ternak Ayam Potong, anda perlu menyiapkan tata letak yang cukup baik berdasarkan dengan arah matahari serta kecenderunagn arah angin. Ayam potong sangat rentan dengan kondisi iklim, oleh sebab itu anda perlu mempertimbangkan arah kandang. Untuk pendirian kandang, anda juga harus memperhatikan sumber air dan juga listrik. Apabila kandang anda sudah siap,anda perlu memasang peralatan untuk menyambut kedatangan ayam potong utamanya tentang penghangat, sekat serta litter yang cukup. Anda juga perlu menyiapkan peralatan makan serta minum yang khusus untuk anak ayam. Dalam 14 hari pertama, anda tentunya tidak boleh jauh-jauh dari kandang, karena pada masa ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan usaha anda. Anda perlu melakukan vaksinasi minum atau tetes di waktu yang tepat yakni pada usia 7, 14 serta 21 hari.

Dalam 14 hari pertama secara perlahan anda perlu mengontrol suhu ruangan kandang ayam di siang dan malam hari. Cara yang paling sederhana adalah anda perlu memperhatikan kondisi anak ayam, apabila bergeromol (berkumpul-kumpul) itu berarti suhu kandang anda terlalu rendah. Apabila menyebar secara merata,itu berarti suhu kandang telah  sesuai dan cocok dengan kebutuhan anak ayam. Setelah 14 hari, pembudidayaan ayam akan menjadi lebih mudah, dimana anda hanya perlu melakukan kontrol dalam pemberian makanan yakni 2 kali sehari saja, hal tersebut berlaku sampai masa panen. Pemberian vitamin serta antibiotik pada minuman ayam dapat anda berikan mulai hari ke 5 sampai dengan 10 hari sebelum panen. Khusus untuk vitamin dapat anda berikan sampai masa panen. Demikianlah cara Ternak Ayam Potong yang dapat anda praktekkan dirumah.
Show Comments