Cara Mudah Ternak Lele Dalam Drum Bagi Pemula

Ternak lele dalam drum - Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan untuk konsumsi yang kerap kita jumpai dipasar maupun di swalayan. Ikan ini memang memiliki rasa yang sangat gurih sehingga banyak sekali diminati masyarakat, sebab dilihat dari segi harga juga tergolong terjangkau bila dibanding dengan ikan konsumsi yang lain. Hal ini disebabkan pula mudahnya dalam membudidayakannya, sebab pada dasarnya ikan ini sangat kuat bertahan hidup meski kolam tidak memakai sirkulasi udara, sehingga jauh lebih mudah serta jauh lebih hemat.

Ternak lele dalam drum

Sebagian dari kita mungkin banyak yang berminat berternak ikan lele, akan tetapi kendala yang ada ialah faktor biaya serta tempat untuk beternak. Umumnya memang para peternak lele memakai kolam permanen, terpal atau bekas sawah untuk media peternakan.

Tapi, bila anda ingin mencoba sesuatu yang lain, dan jauh lebih hemat serta lebih praktis dalam berternak lele, maka anda bisa ternak lele dalam drum plastik besar  untuk berternak. Adapun caranya juga sangat mudah sekali yang diantaranya :

  1. Isi drum tersebut dengan tanah serta pupuk kandang 0.5 kg, dan diamkanlah kurang lebih 2 minggu hingga keluar jentik-jentik.
  2. Bila sudah masukanlah  air sumur  dan jangan terlalu penuh supaya ikan lele tidak naik dan melompat keluar.
  3. Masukan benih lele ukuran 7 sampai 10 cm, adapun untuk satu drum plastik ini dapat memuat antara 200 an benih lele.
  4. Beri makanan berupa pelet 3 kali dalam sehari, akan tetapi bila sudah usia 2 bulan dapat di beri makanan lain seperti limbah usus ayam yang sudah dipotong-potong.
  5. Ganti air setiap seminggu sekali dengan menggunakan air sumur.
  6. Dan setelah dua bulan maka pilah ukuran ikan yang sama setiap drumnya, sebab pada umumnya pertumbuhan ikan juga berbeda-beda.
  7. Umunya ikan lele ini akan panen dalam waktu kurang lebih 3 bulan, dan setiap satu kilo isinya 6 sampai 8 ekor, dan satu drum ini biasanya menghasilkan sampai 30 kg.

Cukup mudah bukan? Demikian sedikit informasi terkait ternak lele dalam drum, semoga dapat bermanfaat.
Show Comments