Cara Ternak Cucak Rowo Yang Baik Dan Benar

Cara Ternak Cucak Rowo Yang Baik Dan Benar – Siapa yang tak kenal dengan burung cucak rowo? Burung ini memang sangatlah populer. Bagi pecinta burung, cucak rowo adalah jenis burung yang harganya mahal bila mempunyai kualitas yang bagus. Apalagi jika burung tersebut pernah memenangkan berbagai lomba, maka harganya bisa mencapai ratusan juta. Dengan melihat propeknya yang bagus, ternak cucak rowo bisa menjadi salah satu bisnis yang sangat menguntungkan.

Cara Ternak Cucak Rowo Yang Baik Dan Benar
Untuk beternak cucak rowo, tentunya kita harus mengetahui dahulu cara budidayanya. Maka berikut ini akan dipaparkan cara Ternak Cucak Rowo yang baik dan benar agar hasil yang didapat menjadi maksimal.

1.Pilih Indukan Cucak Rowo
Agar mendapat bibit cucak rowo yang mutunya bagus, maka kita harus pintar-pintar memilih indukan dari jantan maupun betina. Pilihlah indukan yang bermutu tinggi. Perhatikan suara serta postur tubuhnya. Suara yang bagus adalah yang telah memenangkan berbagai lomba. Sedangkan dari segi fisik, pilihlah yang panjang tubuhnya dari kepala hingga ekor berkisar 28 cm dan juga terbebas dari penyakit.

2.Pembuatan Kandang
Jika memang serius ingin ternak cucak rowo, sipakanlah kandang yang ideal. Kandang ideal untuk indukan adalah yang berukuran panjang 2 meter, lebar 1 meter , dan tingginya 2,5 meter. Kemudian masukkan indukan betina dan jantan ke kandang tersebut supaya mendapat bibit ungul.
Siapkan juga kandang untuk peranakan cucak rowo. Buat dengan luas standar atau sama dengan kandang indukan. Tambah ranting-ranting pohon sebagai tempat hinggap. Letakkan serabut kelapa sebagai sarang. Agar tidak mudah stres kandang bisa ditutup dengan kain. Bisajuga denagn membuat kandang terbuka yang terbuat dari kawat strimin.

3.Makanan Cucak Rowo
Hal yang penting untuk diperhatikan adalah makanan cucak rowo. Jenis makanan yang disukai cucak rowo adalah buah-buahan seperti pepaya dan pisang. Selain buah-buahan, kita juga dapat memberi menambah nutrisi berupa cacing dan jangkrik. Campurkan juga vitamin agar dapat berkicau dengan baik.

4.Peliharalah Kebersihan Kandang
Bersihkan kandang tiap 4 kali sehari. Hal ini dilakukan agar burung terhindar dari penyakit. Agar lebih segar, burubg juga perlu disemprot.
Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, sebaiknya jemur cucak rowo ketika pagi hari, agar mendapat sinar matahari yang cukup. Dengan perawatan yang benar, kita pun bisa mendapat keuntungan yang besar dari Ternak Cucak Rowo.
Cara Ternak Cucak Rowo Yang Baik Dan Benar | Mbak Dewi | 5