Cara Ternak Merpati Paling Tepat

Cara Ternak Merpati Paling Tepat – anda bisa memulai memperhatikan kandang jika ingin ternak hewan peliharaan. Banyak sekali jenis merpati yang bisa anda ternakkan. Salah satunya ialah ternak ataupun budidaya burung jenis merpati pos ialah dengan memperbanyak sendiri yang caranya ialah mengawinkan secara alami. Pasangan yang akan dikawinkan dapat dibeli pada tempat penakaran burung ataupun sudah anda pelihara dari burung itu kecil. Dan yang perlu anda perhatikan ialah jika pasangan induk merpati anda beli dari penakaran, maka jangan dilepas karena bila dilepas akan balik pada pemilik semula.




Sedangkan untuk masalah kandang dari ternak merpati pos ialah dengan jenis kandang yang bermacam-macam. Seperti yang anda tahu jika kandang merpati pos memang terdiri atas kotak sarang, tenggeran, dan pelataran mendarat hingga kandang terbuka. Selain itu kandang terbuka juga harus tertutup kawat kasa pada sekeliling serta atap fiberglas. Sedangkan kandang terbuka tersebut berfungsi agar burung bisa memperoleh sinar matahari namun tidak dapat terbang ke luar. Sedangkan ketika burung tersebut sedang tidak dilepas, akan terus ada dalam kandang ataupun mungkin pada sangkar. Sedangkan untuk ukuran kotak sangkar dari merpati pos ialah 60 cm x 40 cm, dengan tinggi 45 cm, yang dibuat memanjang merosok ke dalam. Pada sangkar ini secara keseluruhan kandang bisa dibedakan untuk breeding, guna pembesaran anak serta untuk merpati yang sudah dewasa.

Selain itu ketiga jenis kandang tersebut sebenarnya sama, terkecuali untuk ukuran maupun perlengkapan kotak sangkar tersebut. Ukuran ruang terbuka yang digunakan untuk burung dewasa juga lebih luas jika dibanding dengan kandang breeding serta pembesaran pada anak burung. Selain itu kotak sarang untuk burung dewasa dengan anak burung juga dilengkapi oleh tenggeran. Sedangkan kotak breeding yang akan dibuat tidak perlu adanya tenggeran, karena akan dipakai untuk membangun sebuah sarang. Agar ternak merpati yang diternakan mau bertelur maka harus membuat sarang, di lantai kandang terbuka, selanjutnya taburkan rumput ataupun jerami kering. Sedangkan ketika menjelang bertelur, burung merpati akan mengambil pada serpihan jerami kering serta membawa masuk ke kotak sangkar untuk sarang bertelur.
Show Comments