Tehnik Budidaya Ternak Jalak Bali

Tehnik Budidaya Ternak Jalak Bali – Negara kita yang demikian kaya akan kekayaan alamnya termasuk juga faunanya nampaknya memang memberikan cukup banyak manfaat bagi mereka yang menyukai dunia peternakan. Salah satu jenis hewan yang jarang ditemukan di belahan negara lain dan hanya ada di bumi nusantara adalah burung Jalak Bali. Bahkan burung Jalak Bali ini terancam punah pada habitat aslinya. Meski demikian bukan berarti jika ingin menangkar burung yang satu ini menjadi mustahil meski memang terbilang sedikit sulit khususnya dalam masalah perjodohan dan penentuan jenis kelamin burung ini. Namun mengingat omset puluhan juta yang nantinya akan diraih, segala kesulitan pastinya dapat diatasi.

Tehnik Budidaya Ternak Jalak Bali

Bagi anda yang memiliki keinginan untuk memulai usaha ternak Jalak Bali maka hal pertama yang harus dilakukan adalah  menyiapkan tempat tinggalnya atau kandangnya terlebih dahulu. Agar  nantinya burung Jalak Bali dapat hidup dengan baik, maka buatlah kandang dengan ukuran yang cukup besar agar nantinya Jalak Bali dapat bergerak leluasa. Bahan kandang yang bagus adalah yang terbuat dari akwat strimin dengan penutup asebs dengan ventilasi yang cukup serta diberi beberapa aksesoris seperti ranting dan jerami untuk tempat telur. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan kandanganya sesering mungkin saat telah ditempati nantinya. Hal ini penting dilakukan agar, nantinya Jalak Bali tidak mudah sakit lantaran terkena virus dari kotoran atau makanan yang membusuk di dalam kandang.

Langkah selanjutnya dalam melakukan ternak Jalak Bali adalah pemilihan indukan yang tepat. Pilih indukan yang sehat dan tidka cacat dengan paruh yang kuat dan warna putih yang cemerlang. Setelah pemilihan indukan selesai, maka hal lainnya yang harus diperhatikan adalah pemberan pakan. Usahakan untuk memberikan makanan apda Jalak Bali dengan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup. Satu hal lagi yang juga penting untuk dilakukan dalam usaha ternak Jalak Bali adalah tahapan penjemuran. Lakukan penjemuran Jalak Bali antara pukul 8 pagi hingga pukul 10 pagi setiap harinya.
Tehnik Budidaya Ternak Jalak Bali | Mbak Dewi | 5