Tips Sukses untuk Ternak Parkit

Tips Sukses untuk Ternak Parkit - Bagi sebagian orang, Ternak Parkit sangatlah sulit . Tetapi, ada pula yang beranggapan bahwa burung parkit adalah jenis burung yang cukup mudah untuk diternak. Terlepas Anda merasa ternak burung parkit sulit ataupun tidak, yang jelas peluang untuk usaha ternak burung parkit cukuplah menguntungkan. Selain terkenal kicauannya yang indah, parkit juga mempunyai bulu serta warna yang bagus. Oleh sebab itu, banyak orang yang berminat untuk mengawinkan burung parkit, bahkan ada pula yang bereksperimen untuk melakukan persilangan antara warna burung satu dengan burung yang lainnya supaya dapat warna burung anak yang unik dan indah. Berikut tips untuk Ternak Parkit.

Fokus yang pertama yaitu induknya, cara membedakan induk betina dan jantan dan memilih induk terbaik untuk dikawinkan cirinya yaitu yang pertama induk betina, normalnya mempunyai ciri cere yang berwarna ungu atau kecokelatan. Usia induknya lebih dari lima bulan, saat ingin untuk kawin, cerenya mempunyai berwarna keputihan. Kedua untuk induk jantan, normalnya mempunyai cere yang berwarna biru tua atau biru muda yang berwarna dasar biru. Bila waktunya kawin, cere terlihat mengkilap dengan warna dasar biru. Anda dapat menyilangkan dua warna bulu yang berbeda dari induk betina dan induk jantan, supaya dapat dihasilkan anak parkit yang mempunyai warna bulu yang bagus dan unik. Usia burung induk jantan seharusnya lebih dari 5 bulan.

Jenis kandang untuk parkit terdapat 3 macam yaitu kandang yang digunakan untuk parkit sepasang, kandang yang akan digunakan untuk beberapa parkit dan kandang besar. Untuk pemula, kandang yang ditempati untuk sepasang lebih disarankan sebab lebih mudah perawatannya serta akan membantu Anda untu ternak parkit yang mudah. Nutrisi menjadi focus utama dalam pemberian pakan burung  parkit selain jumlahnya yang seharusnya dicukupi. Jenis pakan yang sesuai untuk burung ini yaitu biji-bijian, anda dapat memilih; Jagung muda, Beras merah, atau sebagai kombinasinya, Anda dapat memberikan pakan kangkung, sawi, kecambah, pisang serta buah atau sayur lainnya. Tempat bertelur untuk burung parkit terbuat dari serabut kelapa. Anda dapat membuatnya dari daun-daun yang kering. Demikianlah tips untuk Ternak Parkit.


Tips Sukses untuk Ternak Parkit | Mbak Dewi | 5