Cara Budidaya Ternak Burung Cucak Ijo

Budidaya ternak cucak ijo - Burung Cucak Ijo menjadi salah satu burung yang banyak di gemari karena suaranya yang merdu. Jika Anda berminat untuk beternak cucak ijo kami membantu Anda untuk cara perawatannya.

Cara Budidaya Ternak Burung Cucak Ijo

Berikut cara perawatan budidaya ternak cucak ijo.

Jaga asupan protein
masa mabug ini membutuhkan banyak asupan protein, setidaknya masa ini akan memakan 25% protein di dalam tubuh burung cucak iji. di karenakan 90% dari bagian bulu burung ialah jenis asam amino khusus bernama keratin. ketika kadar protein di dalam tubuhburung berkurang, maka massa otot serta kekenyalan otot pun akan berkurang. perlu menambah asupan protein untuk burung selama masa mabug ini, seperti dengan menambah asupan daging, cacing, dan serangga.

Tambahkan asupan mineral sebagai Cara perawatan budidaya ternak cucak ijo
dalam proses pembentukan bulu juga butuh kandungan mineral khusus semacam kalsiun dan juga magnesium. tetapi meranggasnya bulu dapat menurunkan metabolism, sehingga Anda perlu untuk menambahkan asupan mineral yang sifatnya baik berguna untuk menjaga kondisi tubuh serta menjaga kadar ion dalam tubuh. itu sebabnya air dengan kandungan mineral yang sangat baik untuk Anda berikan pada burung cucak ijo yang sedang melalui masa mabug.

Tambahkan asupan Vitamin
Asupan Vitamin C, A, E dan B sangat baik guna menjaga kondisi tubuh burung. karena di masa mabug ini kondisi dalam tubuh burung menurun, massa otot juga menurun kualitasnya.

Jaga kebersihan
Masa mabug dapat menyebabkan  burung cucak ijo ini kehilangan tameng awalnya dari serangan penyakit yang sementara waktu. Jadi Anda perlu ekstra dalam menjaga kebersihan kandang dan tubuh burung.

Hindari burung dari stress
Stress merupakan masalah yabg sangat riskan pada saat masa mabug. ketiaka burung cucak ijo mengalami stress, maka pertumbuhan bulu bisa jadi akan gagal. selama masa mabug berikan lebih banyak waktu bagi burung menikmati udara bebas di tempat yang teduh dan cenderung sepi dari pada Anda kerodong terus menerus.

Demikian Informasi mengenai budidaya ternak cucak ijo, semoga bermanfaat. Ikuti terus tips budidaya ternak lainnya di blog ini.
Cara Budidaya Ternak Burung Cucak Ijo | Mbak Dewi | 5