Cara Budidaya Ternak Kenari

Cara Budidaya Ternak Kenari- Burung kenari saat ini memang telah menjadi salah satu burung yang sangat populer di pasaran lokal bahkan hingga dunia. Terlebih harga burung kenari dapat dibilang stabil atau konsisten mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Karena itulah kenapa burung kenari saat ini menjadi burung pilihan, sebab burung kenari juga merupakan salah satu jenis burung yang prospek dalam kedepannya ini lumayan menjanjikan. Untuk itu simak beberapa cara ternak kenari berikut ini :


Cara Budidaya Ternak Kenari
1.Membedakan kelamin kenari
Sebelum memulai untuk beternak kenari, cara yang pertama yang harus diperhatikan ialah mengetahui dahulu mana kelamin jantan dan juga betina.
2.Mengetahui usia kenari
Selanjutnya penting juga mengetahui umur kenari setiap saat, sebab dengan mengetahui usia burung maka anda bisa mengetahui kapan waktunya diberi pakan, dan lainnya.
3.Memperhatikan kondisi kandang kenari
Di dalam usaha budidaya kenari sangat perlu untuk memperhatikan kondisi sangkarnya, baik itu mulai ukuran sangkar, tempat sangkar, serta kebersihan sangkar.
4.Melakukan penjodohan
Di dalam proses ternak kenari, salah satu faktor yang penting ialah proses penjodohan. Penjodohan ini juga harus dilakukan dengan tepat, misalnya seperti meletakkan kenari jantan dan betina ini dalam sangkar yang khusus untuk penjodohan
5.Proses Mengerami
Selanjutnya pada proses ini burung kenari ini memang harus sudah ada di sangkar yang tepat, yakni sudah terdapat di tempat untuk megerami telurnya. Terkadang di pasar sudah banyak sekali yang menjual sangkar yang sudah lengkap dengan tempat untuk mengerami telurnya. Dan pada proses mengerami ini termasuk poin keberhasilan di dalam pembudidayaan kenari.
6. Menjaga Kesehatan Burung Kenari
Rutinlah dengan selalu mengecek kesehatan burung kenari, jika perlu cegahlah dengan memberi obat kenari alami supaya kebal dari penyakit yang akan hinggap. Dengan cara memandikan dan menjemur kenari ini juga harus dilakukan rutin setiap hari, selain menjadikan performa kenari jauh lebih prima, bisa pula menjadikan kenari lebih senang berkicau. Demikian beberapa informasi terkait cara ternak kenari, semoga bermanfaat.
Show Comments