Cara Ternak Ikan Gurame Yang Baik Dan Benar

Cara Ternak Ikan Gurame Yang Baik Dan Benar- belakangan ini menjadi papuler di kalangan pengusaha kecil maupun menengah, hal ini di karenakan perawatan pada ikan gurame cukup mudah, tetapi hasil yang akan didapatkan sangat  menggiurkan. Ikan gurame dikenal kaya mineral dan beragam protein tinggi, dengan danya rasa yang gurih ikan gurame mendapatkan hati untuk para pecinta kuliner.


Cara Ternak Ikan Gurame Yang Baik Dan Benar

Cara Ternak Ikan Gurame bisa anda lakukan dengan membuat kolam terpal ataupun kolam di tanah. Untuk anda yang ingin berternak ikan gurame baik sebagai pemasok kebutuhan pasar ataupun sebagai konsumsi pribadi, alangkah baiknya bila belajar cara Ternak Ikan Gurame kepada para peternak secara langsung di sekitar rumah Anda. Tetapi jika disekitar rumah Anda tak ada satupun peternak ikan gurame, atu Anda tak ada waktu untuk bertanya atau mengunjungi sentra ternak ikan gurame yang mungkin jaraknya cukup jauh dari rumah Anda, anda bisa melihat cara ternak ikan gurame pada artikel kali ini agar mendapat hasil yang memuaskan.

Hal pertama ynag harus anda lakukan adalah  menentukan Bibit. Jika Anda merupakan pemula pada dunia perikanan, alangkah baiknya untuk mendapat benih ikan gurame pada sentra ternak atatu budidaya ikan gurame yang menjual banyak benih ikan gurame unggulan.Setelah benih-benih ikan gurame unggulan telah Anda dapatkan, langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan kolam sebagai media untuk pembesaran bibit ikan gurame. Tahap selanjutnya yaitu menebarkankan bibit ikan gurame unggulan ke kolam. Tetapi sebelum ikan gurame anada masukkan kedalam kolam, maka perlu dilakukanya adaptasi supaya ikan gurame anda tak stres yang bisa berdampak pada kematian.

Selanjutnya, ikan gurame yang berupa bibit makan makanan hewani seperti cacing sutra, zoopangton, kutu air dan makanan sejenis mikrobia. Lakukanlah pembersihan serta penggantian air pada kolam scara rutin setiap seminggu sekali. Sedot air kolom dengan selang sampai kurang lebih sekitar 50% dari debit. Kemudian, gantilah air  kolam itu dengan air yang bersih sampai ketinggian seperti semula. Biasanya ikan gurame dapat di panen kurang lebih sekitar 4 hingga 6 bulan dari sejak benih ikan gurame tersebut  dimasukkan kedalam kolam.  Demikianlah artikel tentang cara ternak  Ternak Ikan Gurame.
Show Comments