Peluang Bisnis Tambang Emas Melalui Budidaya Ikan Mas

Berbisnis bisa dilakukan melalui cara apa saja yang penting kita bisa mendapatkan hasil dari bisnis tersebut. Termasuk salah satunya adalah budidaya ikan mas. Sebagaimana anda ketahui ikan mas merupakan ikan yang kebanyakan hidup di air tawar walaupun mungkin ada sebagian ikan mas yang hidup di perairan air payau namun jumlahnya sangatlah sedikit. Ikan mas ini juga termasuk ikan yang rakus karena dia bisa memakan apa saja seperti cacing, lumut, sayuran, serangga dan juga yang lain sebagainya. Jika anda lihat kebanyakan ikan mas lebih suka untuk hidup bergerombo mengitari titik air yang mengalir. Mulut ikan mas juga lunak jadi bisa menghisap semua makanan yang disukainya tetapi bisa langsung memuntahkannya kembali jika dia tidak menyukainya.

Tambang Emas Melalui Budidaya Ikan Mas
Budidaya Ikan Mas
Ikan mas memiliki kebiasaan mencari makanan didasar kolam jadi jika di dalam kolam itu sering ada gelembung-gelembung yang naik hingga ke permukaan. Selain tanda-tanda tadi ikan mas juga mengandung banyak sekali gizi yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan omega 3 pada ikan mas bisa sangat berguna agar detak jantung tetap terkontrol dan juga dapat menceradaskan otak anak terutama pada saat mereka di dalam masa pertumbuhan dan juga kandungan omega 3 ini dapat menambah tinggi badan dengan baik.

Selain itu ikan mas juga hanya memiliki sedikit kandungan lemak jahat sehingga tidak akan menyebabkan darah tinggi dan juga tetap dapat mengontrol berat badan anda. Dan menurut penelitian terakhir, ikan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara, kanker usus kolon dan juga kanker prostat. Lalu dengan budidaya ikan mas ini juga bisa membuat penkonsumsinya tampak awet muda karena minyak ikan dan juga vitamin e yang terkandung dapat menunda proses penuaan dini atau yang biasa disebut dengak keriput.

Lalu mengkonsumsi ikan dengan jumlah yang seimbang juga dapat mengurangi tingkat stres dan depresi. Adapun cara yang dapat anda lakukan untuk memulai bisnis budidaya ikan mas ini adalah dengan melakukan beberapa persiapan yang penting bagi bisnis itu sendiri. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih bibit atau calon indukan yang terbaik. Carilah indukan dari keturunan yang memiliki sifat keturunan yang unggul. Sehingga produksi telur yang dihasilkan nantinya akan memiliki kualitas yang tinggi. Calon indukan ini harus dipisahkan antara yang jantan dengan yang betina dan di pelihara dalam kolam pembibitan sampai kedua jenis ikan ini siap untuk kawin.

Kolam yang kita miliki juga harus ada tempat untuk menempelkan telur bagi ikan-ikan ini. Benih yang digunakan biasanya berukuran 10-20 cm dan diharapkan ukurannya sudah cukup kuat untuk dibesarkan jadi sedikit kemungkinan untuk gagal. Dan lama pembesarannya sekitar 1-3 bulan. Budidaya ikan ini bisa dilakukan dengan berbagai teknik termasuk metode air tenang atau tumpang sari, air deras. Dan medium yang bisa digunakan antara lain kolam tembok, kolam terpal, kolam tanah, sawah, keramba serta banyak lahan-lahan atau kolam lainnya.

Bisnis apapun dapat dilaksanakan serta memberi manfaat yang baik jika kita melakukannya dengan ikhlas, sabar dan tekun. Termasuk juga dengan bisnis budidaya ikan mas ini, tentunya sangat menjanjikan jika kita rajin mengelolanya. Semua hasil akan kita temui di akhir ketika kita sudah melewati semua ujian ataupun tantangan dari bisnis tersebut. Yang penting percaya dengan apapun yang ditakdirkan oleh Tuhan dan jangan lupa untuk selalu berusaha dan bersyukur.
Show Comments