Cara Budidaya Ternak Bebek Entok

Budidaya ternak bebek entok - Kali ini kami akan mencoba membahas mengenai  cara budidaya entok supaya cepat panen, untuk sekarang ini prospek budidaya entok ini masih sangat menggiurkan. terutama masih jarangnya ditemukan peternak yang  memelihara entok sebagai sumber untuk penghasilan utamanya. Banyak yang beranggapan bahwa ketika memelihara entok membutuhkan tenaga ekstra serta  makanan entok sendiri yang cukup banyak kalau di bandingkan dengan unggas lainya seperti ayam.

Cara Budidaya Ternak Bebek Entok

Meskipun entok makan sangat banyak tetapi kelebihan dari entok ini adalah tidak pilih-pilih makanan seperti halnya ayam atau yang lainya, entok akan dengan lahapnya memakan setiap makanan yang ditemuinya termasuk gedebog pisang sampai kangkung serta enceng gondok di sawah. Nah itu lah yang menjadi sumber minimnya biaya pemeliharaan entok.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara perawatan budidaya ternak bebek entok

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat entok menetas ialah pisahkan dari indukan dan kemudian taruh di box, pastikan box di beri lampu supaya selalu hangat ketika malam hari, dan jauhkan dari pemangsa binatang buas.

Kemudian kasih makanan yang memiliki protein tinggi untuk anak entok selama pertumbuhan bdapat menggunakan sentrat pabrikan ataupun libah ikan yang ada di sekitar Anda sekalian.

Sekitar umur 3 mingggu sang anak entok sudah dapat di lepas ke kandang untuk mempercepat proses pertumbuhanya.

Saat melepas ke kandang usahakan supaya di pisah dengan yang lebih besar agar tidak kalah dengan yang lebih besar.

Sekitar umur 3 bulan entok mulai rakus terhadap makanan, pada tahap ini Anda dituntut untuk berkreatifitas untuk mencari pakan alternatif selain bekatul ataupun jagung, dan pada tahap ini proses di balik menjadi bekatul hanya menjadi tambahan.

Anda dapat memanfaatkan gedebog pisang, daun daunan, pepaya atau bahkan nangka yang jatuh dari pohonya, atau rumah Anda dekat dengan persawahan. Anda bisa mencari keong mas berguna menambah protein agar entok cepat besar.

Telah selesai tahap demi tahap pemeliharaan entok, selanjutnya tunggu hinggan 6-8bln sampai entok bertelur maka Anda akan memperoleh kenikmatan beternak entok.

Demikian informasi mengenai budidaya ternak bebek entok, Semoga Informasi tersebut bermanfaat.
Show Comments