Bisnis Menguntungkan dari Budidaya Ternak Ikan Lele

Berbisnis merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan bagi mereka yang memang gemar melakukan suatu pekerjaan dengan tantangan tersendiri karena berbisnis tidak semulus yang dikira. Termasuk juga bisnis budidaya ikan lele. Letak negara Indonesia yang umumnya merupakan negara perairan ini sangatlah cocok untuk anda yang ingin berbisnis budidaya ikan ini. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari membudidayakan ikan lele. Salah satu manfaat yang bisa paling standar dengan kegiatan ini adalah anda bisa menyalurkan hobi serta bakat anda untuk kegiatan yang bermanfaat serta membawa keuntungan bagi diri anda sendiri. Jika biasanya hobi menghabiskan banyak uang maka dengan hobi yang satu ini anda malah akan mendapatkan banyak uang serta keuntungan lainnya.

Bisnis budidaya ikan lele ini juga dapat bermanfaat bagi orang-orang sekitar anda dan juga mewujudkan cita-cita pemerintah untuk terciptanya lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya untuk mengurangi tingkat pengangguran yang ada di negara kita tercinta ini. Selain itu bisnis ini juga dapat meningkatkan gizi orang-orang  yang notabene dapat terpenuhi dengan adanya ikan lele ini. Kandungan gizi yang terdapat dalam ikan lele sangatlah banyak seperti contohnya di dalam ikan lele terdapat banyak sekali kandungan asam lemak omega 3 dan juga omega 6 yang berfungsi sebagai nutrisi untuk menjaga kesehatan jantung dan juga mencerdaskan otak. Apalagi bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, akan lebih mudah mengingat sesuatu yang baru. Lalu di dalam ikan lele juga banyak terdapat kandungan protein sekitar 15,6 gram dalam setiap lel berukuran sedang. Dimana protein ini berfungsi untuk menyuplai kebutuhan protein yang akan membangun massa otot.

Bisnis Menguntungkan dari Budidaya Ikan Lele
Budidaya Ikan Lele
Tentunya masih banyak lagi kandungan-kandungan gizi yang terdapat di dalam ikan lele yang bisa membantu menyuplai kebutuhan kesehatan anda. Lalu mengenai bagaimana cara kita membudidayakan ikan lele akan dijelaskan secara singkat. Untuk melaksanakan bisnis budidaya ikan lele tentu kita membutuhkan yang namanya kolam ikannya terlebih dahulu. Karena seperti yang kita ketahui bahwa ikan lele tidak dapat kita temui di air payau maupun air asin. Ikan lele hanya dapat kita temui di air tawar saja. Pertimbangan mengenai kondisi lingkungan, ketersediaan tenaga kerja serta sumber dana yang ada merupakan hal yang harus di utamakan jika anda hendak mencoba bisnis ini. Adapun kebanyakan orang menggunakan tipe kolam tanah sebagai kolam bagi bisnis ternak budidaya mereka.

Cara maupun tahapan yang dapat anda lakukan untuk membuat kolam tanah tersebut antara lain anda harus persiapkan tanah yang kosong terlebih dahulu yang kemudian anda keringkan sekitar 3-7 hari tergantung kondisi sinar matahari yang bertujuan untuk memutus mikroorganisme yang dapat menyebabkan bibit penyakit. Langkah selanjutnya anda dapat membajak tanah tersebut agar memperbaiki kegemburan tanah dan juga menghilangkan gas beracun yang tertimbun. Setelah itu lakukan pengapuran dan pemupukan dan kemudian atur airnya dengan ketinggian yang ideal yaitu sekitar 100-200 cm. Pengairannya dilakukan secara bertahap,  setelah pemupukan isilah kolam dengan air setinggi 30-40 cm dan kemudian diamkan selama satu minggu. Setelah kolam berwarna kehijauan barulah benih lele siap untuk disebar.

Kemudian untuk pengisian air selanjutnya bisa dilakukan secara bertahap sesuai dengan pertumbuhan lele tersebut sampai dengan batas ideal yang tadi telah kami sebutkan. Jangan lupa beri pakan yang teratur dan sesuai karena bisnis budidaya ikan lele ini tidak akan berhasil tanpa adanya ketekunan dan juga kerja keras. Semoga artikel cara budidaya ikan lele ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Bisnis Menguntungkan dari Budidaya Ternak Ikan Lele | rafif raditya | 5