Cara Budidaya Ikan Nila bagi Pemula dengan Hasil Optimal

Ikan nila merupakan salah satu ikan yang sangat di gemari di Indonesia. Dari kegemaran tersebut anda bisa memanfaatkannya sebagai sebuah ladang bisnis yang cukup menjanjikan. Seperti contohnya anda dapat melakukan budidaya ikan nila yang akan sangat menguntungkan bagi anda. Ikan nila sendiri merupakan ikan yang bukan berasal dari Indonesia asli karena ikan nila ini merupakan ikan yang kebanyakan tumbuh di sungai nila dan sungai-sungai yang terhubung dengannya yang kemudian dibawa ke Indonesia untuk di kembangbiakkan.

Ciri-ciri dari ikan nila bisa dilihat dari tubuhnya, yaitu ikan nila memiliki bentuk tubuh yang ramping dan memanjang. Sisiknya pun ukurannya besar dan juga kasar. Tubuh ikan nila ini hitam namun sedikit keputiha-putihan dan bagian bawah dari tubuhnya tertutup insang yang berwarna putih tetapi pada nila yang putih biasanya berwarna hitam atau bahkan mungkin ada yang kuning. Ukuran kepalanya relatif kecil dengan mulutnya yang berada di ujung kepala serta ikan nila ini juga mempunyai mata yang cukup besar.

Budidaya Ikan Nila bagi Pemula dengan Hasil Optimal
Budidaya Ikan Nila
Budidaya ikan nila ini juga mempunyai keunggulan yang lebih dibandingkan dengan ikan-ikan lainnya. Seperti misalnya ikan nila ini mampu menghasilkan telur serta benih yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis ikan yang lainnya. Ikan nila ini mampu memproduksi anakan 3-5 kali lebih banyak dibandingkan dengan varietas yang lainnya. Dan yang terpenting adalah ikan nila ini dapat tahan terhadap serangan penyakit. Seperti jenis-jenis ikan yang lain, ikan ini juga mempunyai banyak khasiat atau manfaat bagi kesehatan tubuh kita karena gizi yang terkandung di dalamnya. Diantaranya sama sekali ikan-ikan yang lainnya, ikan nila juga memiliki kandungan protein dimana ptotein tersebut berfungsi untuk meningkatkan masa otot, meningkatkan tenaga dan juga meningkatkan kekuatan tubuh, menjaga kesehatan otot tubuh dan juga ikan nila dapat meningkatkan stamina dalam tubuh kita. Ikan nila juga mengandung omega 3 seperti kebanyakan ikan yang lainnya dimana omega 3 ini berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Budidaya ikan nila dapat dilakukan dengan urutan cara yang sederhana. Dimulai dengan persiapan kolam yang merupakan hal yang paling penting untuk dipersiapkan dalam bisnis membudidayakan ikan ini. Dimulai dengan tahap pengeringan kolam, perbaikan pematang khususnya untuk saluran pemasukkan dan pengeluaran, lalu selanjutnya pengapuran dengan ukuran 25-1000 gram/m2, Pemupukan dengan urea 15 gram/ m2, pupuk kandang 500 gram/ M2, serta TSP gram/ m2, pengisian air kolam, penyemprotan dengan pestisida, untuk mencegah hewan lain masuk maka bisa dipasang penyaring di pintu masuknya air, kemudian tambahkan air hingga kedalaman 80-150 cm, jangan langsung menebar ikan pada saat air baru dimasukkan paling tidak tunggu selama 5-7 hari setelah pengisian air di dalam kolam karena pada saat masa pendiaman air tersebut akan ada banyak fitoplankton yang akan berguna nantinya bagi ikan nila itu sendiri.

Untuk melakukan sebuah bisnis tentu anda harus mengeluarkan segala tenaga, materi dan hal lainnya agar bisnis yang anda jalankan dapat sesuai dengan keinginan anda dan juga dapat menambah keuntungan bagi anda sendiri. Budidaya ikan nila ini lagaknya gampang-gampang susah. Gampang bagi yang sudah terbiasa namun akan terasa sulit bagi yang masih dalam tahap pembelajaran. Teruslah semangat untuk mengejar sebuah kesuksesan. Jangan sampai anda terlena dengan sesuatu yang instan namun menjanjikan sesuatu yang tidak nyata.
Cara Budidaya Ikan Nila bagi Pemula dengan Hasil Optimal | rafif raditya | 5