Tips Mudah Budidaya Domba dengan Menghemat Biaya Dan Waktu

Budidaya ternak  domba – Budidaya domba dan kambing di Indonesia sebagian besar masih memiliki skala yang masih kecil sehingga perlu diupayakan dengan lebih intensif. Dengan pertambahan penduduk yang tinggi di Indonesia serta semakin meningkatnya daya beli masyarakat mengakibatkan keperluan daging selama ini belum mencukupi permintaan. Selain itu, produksi dalam negeri untuk daging baru juga mencapai hingga 400.000 ton untuk setiap tahun, sehingga sampai sekarang ini masih mengandalkan impor daging. Dengan kondisi demikian tentu usaha ternak  domba ini sangat menjanjikan bila digeluti secara serius.

Tips Mudah Budidaya Domba

Bagi anda yang saat ini tengah menggeluti atau tertarik dengan budidaya ternak domba, tidak ada salahnya jika memperhatikan tips budidaya ternak domba untuk menghemat waktu dan biaya berikut ini.

a. Belajarlah tentang Peternakan Domba
Dengan beragam informasi yang memadai yang anda miliki tentunya dengan cepat akan memungkinkan anda fokus dan juga cepat pada penghematan biaya yang tepat untuk manajemen dan juga kesehatan ternak.

b. Pertimbangkan Sumber Pakan Untuk Pangkas Biaya
Pakan tambahan yang kerap di pakai anda bisa peroleh dari toko kelontong yang terdekat untuk beberapa item makanan yang dibuang. Selain itu, produk sampingan dari pembuatan ethanol juga dapat digunakan sebagai bahan pakan alternative yang sangat baik untuk ternak domba.

c. Sediakan Selalu Air Bersih dan Segar
Air merupakan sumber makanan yang termurah dan paling berharga untuk ternak domba. Untuk itu, pakaialah air dengan sebaik mungkin. Selain itu dengan menggunakan air ini bisa pula untuk memastikan dan memudahkan kita untuk memberikan mineral yang sesuai yang di perlukan sehingga kita tidak akan mendapati ternak yang mengalami defisiensi mineral.

d. Mencari Pasar Alternatif
Apabila anda menernakkkan domba wol, maka pemintal mungkin akan tertarik untuk mengontak anda dan membeli bulu anda sebagai bahan utama baju hangat. Anda bisa menghindari biaya sewa gudang dengan cara menjual domba pribadi dimusim semi sebagai domba  gembala.

e. Simpanlah Induk yang Terbaik
Pilihlah salah satu anak dari indukan yang produktiv yang menghasilkan susu. Selanjutnya pastikanlah domba pilihan anda ini untuk dikembangkan mempunyai struktur tubuh yang baik serta sehat.

Demikian artikel terkait cara mudah budidaya ternak domba, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.
Tips Mudah Budidaya Domba dengan Menghemat Biaya Dan Waktu | Mbak Dewi | 5