Cara Budidaya Ternak Entok Bagi Pemula

Budidaya Ternak Entok – Entok ini merupakan salah satu hewan yang mempunyai ketahanan tubuh yang kuat sekali, entok ini kebanyakan diternak untuk dikonsumsi. Selain itu telurnya juga menghasilkan. Maka tidak heran jika akhir-akhir ini entok salah satu hewan yang di budidayakan oleh kebanyakan peternak.

Cara Budidaya Ternak Entok Bagi Pemula

Dalam artikel ini kami akan menginformasikan tentang bagaimana cara budidaya ternak entok bagi pemula. Berikut detail informasi budidaya ternak entok:

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan siapkan kandang battery untuk menempatkan meri atau anak entok. Kemudian ambil anak entok dari induknya, untuk memudahkan memberikan makanan lebih baik kita kita gabungkan meri atau dengan induknya selama 1hari hingga 2hari untuk induknya memberi tahu cara makan minum anaknya.

Untuk kandang battery kita harus lengkapi dengan lampu pijar 5 hingga 10watt dan memberi wadah minum. Untuk menjaga kesehatan meri kita berikan vaksin Vitachicks untuk menghindari terjangkit flu/pilek. Untuk ukuran ransum makan meri sebagai berikut: 1 - 2 minggu:diberikan konsentrat starter, Untuk minggu-minggu selanjutnya kita bisa campur konsentrat dengan pakan induk.

Selanjutnya induk entok akan bertelur 1bulan setelah (disapih) atau dipisahkan dari anaknya. Entok bertelur dalam periode 2minggu atau 3minggu dengan masa pengeraman selama 35 hari.

Sebenarnya ternak entok tidak sulit, hanya saja jika memelihara ternak ini harus ada pejantanya agar entok cepat kawin dan bertelur. Pemilik entok biasanya akan mengumbar bebas seperti ayam kampung dan sangat menyukai tempat becek atau dekat dengan sumber air. Daya telurnyapun luar biasa bisa mencapai 25 butir telur dengan hasil tetasnya bisa mencapai 75 %. Maka kalau ditetaskan bisa 20 ekor yang menetas. Karena diumbar bebas paling nantinya hanya bisa hidup sampai besar antara 10-15 ekor saja, untuk itu perlu pemeliharaan yang intensif agar lebih banyak yang hidup dan besar. Pemberian pakan entokpun cukup sedehana dan mudah yaitu dedak atau bekatul saja sudah cukup.

Demikian informasi tentang budidaya ternak entok yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya. Semoga bermanfaat.
Cara Budidaya Ternak Entok Bagi Pemula | Mbak Dewi | 5