Cara Pemeliharaan dan Budidaya Ternak Cacing Sutra

Budidaya Ternak Cacing Sutra – Disini kami akan berbagi mengenai cara pemeliharaan cacing sutera berikut cara pemeliharaannya. Sehubungan dengan masih minimnya informasi mengenai budidaya ternak yang satu ini. Kami berusaha memberikan langkah langkah budidaya cacing sutra se-detail mungkin.

Cara Pemeliharaan dan Budidaya Ternak Cacing Sutra

Berikut Langkah Langkah Budidaya Cacing Sutra:

Lahan uji coba yaitu kolam tanah/terpal yang berukuran 8 x 1,5 m dengan kedalaman 30 cm. Dasar kolam ini hanya diisi dengan sedikit lumpur (gunakan lumpur bebas limbah kimia).

Apabila matahari cukup terik, jemur kolam minimum sehari. Bersamaan dengan itu, kolam dibersihkan dari rumput atau hewan lain yang berpotensi menjadi hama bagi cacing sutra, seperti keong mas atau kijing.

Pipa Air Keluar/Outlet cobalah dicek kekuatannya dan pastikan berfungsi dengan baik. Pipa Pengeluaran ini sebaiknya terbuat dari bahan paralon yang memiliki diameter 2 inci dengan panjang sekitar 15 cm.

Setelah pengeringan dan penjemuran, usahakan kondisi pada dasar kolam bebas dari bebatuan dan benda keras lainnya.

Dasar kolam diisi menggunakan lumpur yang halus berasal dari saluran atau kolam yang dianggap banyak mengandung bahan organik sampai ketebalan dasar lumpur mencapai 10 cm.

Tanah dasar yang sudah ditambahi lumpur diratakan, sehingga benar-benar terlihat rata dantidak ada lumpur yang keras.

Untuk memastikannya, gunakan aliran air untuk pengukur kedataran permukaan lumpur tersebut. Jika kondisinya benar-benar rata, berarti kedalaman air akan terlihat sama di semua bagian.

Masukkan kotoran ayam kering sebanyak tiga karung ukuran kemasan pakan ikan, kemudian sebar secara merata dan berikutnya bisa diaduk-aduk menggunakan kaki.

Setelah dianggap datar, genangi kolam tersebut sehingga kedalaman air maksimum 5 cm, atau sepanjang pipa pembuangan.

Pasang atap peneduh berguna mencegah tumbuhnya lumut di kolam.

Kolam yang sudah tergenang air tersebut biarkan selama satu minggu supaya gas yang dihasilkan dari kotoran ayam hilang.

Tebarkan 0,5 liter gumpalan cacing sutra dengan cara menyiramnya terlebih dahulu di dalambaskom supaya gumpalannya buyar.

Cacing sutra yang terurai ini kemudian ditebarkan di kolam budi daya ke seluruh permukaan kolam.
Seterusnya atur aliran air dengan pipa paralon yang berukuran 2/3 inci.

Baca Juga: Ternak Cacing Tanah

Demikian Informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Budidaya Ternak Cacing Sutra, Semoga informasi tersebut bermanfaat.
Show Comments