Cara Budidaya Ternak Bebek untuk Pemula

Budidaya Ternak Bebek – Usaha yang dapat meraup keuntungan yang sangat besar salah satunya adalah beternak. Diantara usaha peternakan, salah satu yang digemari oleh para pengusaha peternakan adalah budidaya ternak bebek. Karena selain dagingnya bisa dikonsumsi, harga jual dari telurnya pun juga lumayan mahal. Sehingga tidak heran jika banyak pengusaha yang meendedikasikan dirinya untuk menggeluti budidaya ternak bebek ini.

Cara Budidaya Ternak Bebek untuk Pemula

Namun bagi pemula yang masih ingin mencoba menjajal usaha budidaya ternak ini, dalam artikel ini kami akan menginformasikan tentang cara budidaya ternak bebek untuk Anda semuanya. Berikut informasi tentang budidaya ternak bebek.

Yang harus Anda perhatikan dalam budidaya ini adalah menyiapan bibit bagi calon peternak, ada tiga cara yang dapat dipilih dalam bibit, yaitu membeli DOD adalah usaha ternak itik petelur dapat dimulai dengan membeli anak itik umur sehari (DOD).

Kemudian memelihara DOD hingga bertelur membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu, jika ingin memilih cara ini maka pertimbangkan waktu harus benar- benar diperhatikan. Selain itu, resiko kematian DOD lebih besar. Membeli itik remaja siap bertelur adalah itik dara yang masih membutuhkan beberapa waktu lagi sebelum memulai bertelur. Itik remaja siap bertelur adalah berumur sekitar 5- 6 bilan. Itik remaja siap bertelur tidak berarti ketika dibeli peternak, langsung bisa menghasilkan telur.

Kemudian dalam pemeliharaannya Anda harus memperhatikan beberapa proserdur, diantaranya adalah terkait dengan sistem beternak itik dengan cara digembalakan sudah digantikan dengan sistembeternak secara semi intensif atau intensif, karena lebih efesien dan menguntungkan. Namun, sampai saat ini masih ada peternak dibeberapa daerah yang menjalankan usaha peternakannya dengan cara digiring ke sawah.

Baca Juga:

Berkembangnya sistem intensif di latar belakangi semakin menyempitnya lahan persawahan serta semakin meningkatnyakebutuhan masyarakat terhadap telur dan daging itik. Karena itu, ,peternak dituntut untuk bisa meningkatkan hasil produksi ternak, baikdari segi jumlah maupun mutunya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang budidaya ternak bebek. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda semuanya. 
Cara Budidaya Ternak Bebek untuk Pemula | Mbak Dewi | 5