Cara Budidaya Ternak Itik Petelur agar Memperoleh Hasil yang Fantastis

Budidaya ternak itik petelur - Budidaya itik selain bisa diambil dagingnya juga bisa diambil telurnya. Sebab sekarang ini kebutuhan akan telur itik serta daging yang sangat meningkat minat masyarakat dalam konsumsi telur itik.

Cara Budidaya Ternak Itik Petelur agar Memperoleh Hasil yang Fantastis

Adapun cara yang pertama budidaya ternak itik petelur ini ialah dengan menyiapkan bibit untuk calon peternak yang salah satunya dengan membeli DOD atau dengan membeli anak itik umur sehari. Memelihara DOD sampai bertelur ini juga memerlukan waktu yang lumayan lama. Oleh sebab itu, bila ingin memilih cara ini maka pertimbangkanlah waktu supaya benar- benar diperhatikan. Sebab resiko kematian DOD ini juga jauh lebih besar. Membeli itik remaja yang siap bertelur adalah itik dara yang masih memerlukan beberapa waktu lagi sebelum memulai bertelur.

Cara ternak itik yang semakin berkembang pesat kebanyakan sistem beternak itik dengan cara digembalakan dengan semi intensif sebab lebih efesien dan juga lebih menguntungkan. Akan tetapi, hingga sekarang ini masih ada peternak pada beberapa daerah yang melakukan usaha peternakannya dengan cara digiring ke pekarangan atau sawah.

Baca Juga:

Selanjutnya untuk lokasi dan juga lingkungan perkandangan lebih baik terlebih dahulu ditentukan sebelum membuka usaha ternak. Adapun untuk lokasi yang dipilih ini dekat pasar, pabrik serta jauh dari kebisingan seperti dipegunungan yang terlindung pepohonan dan juga bambu. Jadi, tempat yang bagus untuk memelihara itik petelur ini sebaiknya pada tempat yang lumayan jauh dari suara gaduh maupun kendaraan. Kandang ini sebaiknya juga tidak terlalu dekat dengan tanaman sawah maupun pemukiman penduduk.

Pada dasarnya, lantai kandang pada bagian kandang yang terbuka juga harus selalu diupayakan supaya tidak becek, mudah dibersihkan serta cepat kering setelah di cuci. Sebab kandang ini memliki beberapa kelebihan yang diantaranya ialah mudah di bersihkan dan menjadikan itik sehat dan berbadan kuat sebab itik bisa berjalan-jalan dan terkena sinar matahari. Demikian artikel terkait cara budidaya ternak itik petelur, semoga dapat bermanfaat.
Show Comments