Keuntungan Budidaya Ternak Bebek Petelur

Budidaya ternak bebek petelur – Permintaan ternak bebek di kota-kota besar di Indonesia dari tahun ketahun memang kian meningkat. Sebab telur bebek ini bisa diolah untuk beragam makanan dan minuman seperti kue dan banyak di pakai untuk martabak telur. Untuk itu, peluang bisnis tersebut seharusnya bisa dijadikan sebagai alasan utama dalam menekuni budidaya bebek petelur.

Keuntungan Budidaya Ternak Bebek Petelur

Seperti cara budidaya bebek pedaging dan bebek peking, bebek petelur ini juga memerlukan kolam untuk tempat bermain. Sebab berenang adalah salah satu sifat perilaku ternak bebek dengan alami dan akan membantu perkembangan dan juga pertumbuhan bebek. Adapun bebek petelur ini lebih baik dibudidayakan dengan system kandang atau dengan cara mengembalakan bebek petelur tapi dengan durasi pengembalaan yang tidak boleh lebih dari 3 jam per hari.

Adapun keuntungan budidaya ternak bebek petelur hingga sekarang ini masih menjadi pilihan. Sebab mempunyai daya tahan yang lumayan tinggi dari serangan penyakit, termasuk virus flu burung. Di samping itu, ternak bebek petelur juga mempunyai beberapa keuntungan yang pertama dari segi pemeliharaan, budidaya bebek memang lebih mudah dibanding dengan ternak ayam.

Baca Juga:

Dan dari segi pakan, banyak bahan yang dapat dijadikan untuk pakan campuran dengan konsentrat. Misalnya seperti katul, karak nasi, jagung, roti yang sudah kadaluwarsa, krupuk kadaluwarsa, menir dan lainnya. Tidak mengherankan, jika ransum di satu daerah peternakan, berbeda dengan daerah yang lainnya. Justru, dengan ketepatan strategi mengolah pakan potensial setempat, maka akan sangat menguntungkan bagi peternak bebek telur.

Dan untuk merawat bebek petelur bisa pula dengan pemberian pakan yang berupa katul 40% , tepung ikan 10%, nasi aking10%, dan sisanya sisanya hijau-hijauan misalnya seperti sayur kangkung maupun daun pepaya. Dan dengan komposisi pakan ini rata-rata peternak ini dapat menghasilkan produksi telur hingga 60% untuk setiap harinya.

Banyak peternak yang bilang bahwa keuntungan budidaya ternak bebek petelur ini lumayan besar. Adapun strategi yang harus dilakukan yaitu dengan disiasati dengan cara pengeluaran pakan dengan cara penyusunan pakan dengan bahan yang murah namun tetap mencukupi kebutuhan kalori atau protein bebek petelur.
Show Comments