Cara Budidaya Ternak Bebek Potong untuk Pemula

Budidaya Ternak Bebek Potong - Daging itik sangat mudah kita temukan. Berbagai macam olahan daging bebek ini bisa kita nikmati di restaurant atau warung kaki lima yang menyediakan menu itik. Permintaan yang tinggi akan daging bebek inilah yang kemudian menjadikan prospek ternak bebek potong makin banyak diminati.

Cara Budidaya Ternak Bebek Potong untuk Pemula

Cara yang dapat Anda lakukan untuk budidaya ternak bebbek potong sebagai berikut:

1. Pemilihan Bibit Bebek Potong yang Unggul

Memilih bibit unggul merupakan teknik budidaya  bebek potong. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan bibit bebek yang berkualitas:
  • Belilah bibit bebek yang sudah menetas berasal dari itik petelur yang sudah dijamin kualitasnya.
  • Memelihara bebek jantan dan betina yang unggul untuk kemudian menetaskan telur-telurnya sebagai bebek pedaging.
  • Membeli bibit itik DOD di tempat yang sudah direkomendasikan oleh pihak-pihak terkait seperti Dinas Peternakan.
  • Pastikan bahwa DOD tidak dalam keadaan sakit dan cacat. Bulunya haruslah mengkilat dengan warna kuning yang segar.

2. Perawatan Bibit Bebek Potong

Anda juga perlu untuk mempelajari perawatan bebek potong karena ini merupakan bagian dari teknik untuk beternak bebek potong yang benar. Setelah Anda memperoleh bibit bebek potong yang berkualitas, segera tempatkan pada kandang brooder. Sebar bibit bebek tersebut secara merata dengan suhu yang sudah disesuikan dengan usia bebek. Tambahkan vitamin pada makanan atau minuman bibit tersebut supaya kualitasnya tetap terjaga.

3. Pemberian Pakan bebek potong merupakan salah satu cara budidaya ternak bebek potong

Perawatan bebek potong ini termasuk juga cara pemberian pakan. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan saat memberikan pakan pada bebek potong. Jenis pakan dan jumlahnya dibedakan berdasarkan usia bibit bebek.. Tambahkan pula vitamin tambahan seperti bekatul, jagung, atau tepung ikan.

4. Pemeliharaan Bebek Potong

Memelihara itik pedaging juga ada tantangannya. Tantangan paling besar adalah hama dan penyakit. Biasanya, itik pedaging akan menderita penyakit yang dinamakan dengan Duck Cholera dan Salmonelosis. Tanda-tanda umum penyakit ini adalah itik akan mencret dan terlihat sesak nafas. Cegah penyakit ini dengan memperhatikan sanitasi dan kebersihan kandang. Berikan itik tersebut vaksinasi sesuai dosis yang tertera.

Baca Juga:

Demikian sedikit informasi yang bisa kami berikan mengenai cara budidaya ternak bebek potong, semoga bermanfaat bagi anda semua pembaca setia blog ini. Silahkan baca juga berbagai informasi dan tips budidaya ternak lainnya di bagian lain blog ini.
Cara Budidaya Ternak Bebek Potong untuk Pemula | Mbak Dewi | 5